Wednesday, February 3, 2016

Mendidik Anak Sejak Dini

Dini, nama seorang anak perempuan. Kenapa bukan laki-laki? Pertanyaan itu jarang muncul dibenak kita. Betul? Yap. Dalam penamaan, masyarakat sudah terkotak-kotak dengan tradisi atau kebiasaan pada umumnya. Apabila baik itu feminim atau maskulin suatu anak bisa dilihat di antaranya dari namanya. Pasti, ketika anak kita lahir kita ingin menamakannya dengan nama yang baik bukan?
Dalam agama Islam pun, ada anjuran dalam penamaan seorang anak. Nama anak harus mengandung arti yang baik. Jangan sampai ketika kita memiliki anak, kita menamakannya dengan nama yang "buruk". Misalkan, ada seorang anak perempuan lahir dan kita menamakannya rumit . Pasti tidak!
Pasti setiap orang tua menginginkan anaknya kelak menjadi anak yang berbakti dan berguna. Seperti halnya makna dari penamaan seorang anak.
-
Hal tersebut sudah menjadi kebiasaan tersendiri bagi
masyarakat. Kebiasaan tersebut sudah barang tentu perlu diteruskan. Dan bahkan, setelah penamaan pun akan diadakan syukuran.
Yeah, begitulah hidup…
-
Dalam penamaan anak dengan nama yang baik, itu sudah menunjukkan bahwa kita sebagai orang tua mempunyai I'tikad baik dalam mendidik anak. Hal itu menunjukkan pula keseriusan dalam menjadikan anak yang terbaik. Hidup itu perlu dipersiapkan, dan persiapan yang terbaik adalah dengan mendidik anak sejak dini. Jangan menunggu anak menjadi remaja, baru kita memulai mendidiknya. Itu salah!
Yang terbaik adalah kita perlu menanamkan akidah, akhlak, dan ilmu yang lainnya mulai sejak dini.
Sudah banyak buku yang membahas tentang mendidik anak sejak dini, dan itu bisa menjadi ilmu awal kita dalam membangun pondasi anak yang kuat. Terutama dalam menghadapi dunia yang sudah gila ini.
-
Tujuan dari pembuatan blog ini salah satunya adalah untuk membantu para orang tua atau masyarakat yang ingin mengetahui ilmu parenting yang baik. Dan semoga tulisan-tulisan saya bisa bermanfaat. Walaupun bahasa yang saya gunakan belum teratur, ya diambil saja manfaatnya.
-
Selamat membaca :)

No comments:

Post a Comment